Kehilangan Centong Nasi

4 Aug 2008

duh bahasa indonesianya centong apaan yaks :D

Seperti yg aku baca di sini… ada juga tradisi orang jawa lain yang berkebalikan dari cerita itu. bahwa selain membathin jelek saat hamil akan membuat anak yg kita kandung terkena getahnya, adalagi satu kepercayaan yg 180 derajat kebalikannya, yaitu

Kalau mau anak kita yg sedang dalam kandungan mirip seseorang yg dianggap bagus dan kualitas baik, maka saat hajatan di rumah orang itu, curilah centong nasi punya si tuan rumah dan bawa kemana-mana dengan disampirkan di pinggang si hamil (kayak pedang gitu deh kekeke )

Nah cerita nya ini kejadian nyata dan real aku alami, dulu pas ditransmigrasi sumatera, tepatnya jambi. Ibu melahirkan anak ke - 4 adik ku yg ketiga, Nah tuh anak dilahirin gede bener dan montok, walau kulitnya agak gelap (gak sampe item) mungkin karena idup di trans kali yaks hehe. Pas acara akekahan khan pastinya ada masak-masak di rumah, ya seperti biasa acara masak dikampun, maka semua tetangga ikut nimbrung yang utamanya jelas ibu-ibu. acara dirumah berlangsung sukses dan meriah dengan menggelar pengajian.

Pas acara kelar besoknya tinggal beberapa gelintir ibu-ibu yg nolong finishing bersih-bersih dan inventarisir barang. Saat inventarisir inilah ibu merasa ada barang yang hilang, dan yg hilang itu adalah sebuah CENTONG NASI kesayangan ibu hehe. Ya ibu gak panik sih dan gak woro-woro ke para tetangga yg bantu, gak enak katanya, jd ilangnya centong nasi hanya di floorkan dirumah aja.. internal, dan waktu itu kita gak ada kepikiran sama sekali bahwa ada orang yg iseng mencuri centong nasinya.

Bulan berganti bulan telah berlalu dengan indah di transmigrasi, hingga kurang lebih 8 bulan, seorang tetangga yg kebetulan orang jawa melahirkan seorang putra dengan selamat dan sehat walafiat. Nah saat ibu menjenguk, ibu membathin kok bocahnya plek anakku :D tapi itu gak diutarakan, cuma pas sampe rumah ibu bercerita antusias tentang keadaan bayinya.

Dan setelah si bayi akekahan, sang ibu +bayi beserta sang suami datang kerumah, dan tahu apa yg diserahkan oleh mereka?? yaitu CENTONG NASI yang 8 bulan lalu di anggap ilang dan sudah tidak diharapkan kembali. mereka berucap terima kasih banyak dan menceritakan hal ihwalnya sehingga mereka mencuri sesaat centong nasi.

Kita serumah hanya bisa mlongo dan nyengir dengan tindakan tetangga tersebut. Tapi emang amazing itu bisa kejadian. klo misal mereka ketemu sekarang bisa dianggap kembar kale.. hahaha..


TAGS centong nasi akekah


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post